Month: June 2020

3 Wisata Dunia Bawah Laut di Indonesia Yang Mendunia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan kekayaan alam. Dengan keindahaan alam yang ada di Indonesia, membuat negara ini terkenal dengan wisata yang menyuguhkan pemandangan alam dari mulai dunia bawah laut yang eksotis hingga pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Bukan hanya itu, berbagai situs bersejarahpun kerap menjadi tempat wisata yang dapat menarik wisatawan baik lokal sampai dengan turis.

Dengan keberagaman wisata terbaik di dunia, Indonesia memang sangat sering dikunjungi para traveller dari seluruh dunia dan menjadi salah satu negara yang wajib mereka kunjungi. Tidak heran jika diberbagai wilayah di Indonesia anda dapat bertemu dengan turis – turis asing. Ingin tahu wisata apa saja yang mendunia di Indonesia? Yuk, simak Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia Yang Mendunia.

Pulau Komodo

Pulau yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara ini telah diterima sebagai situs warisan dunia UNESCO loh. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau padar dan pulau – pulau kecil lainnya. Seperti namanya, pulau ini memang sebagai habitat aslinya hewan komodo. Dengan mengunjungi tempat ini, pastinya kamu dapat berjumpa dengan hewan ini karena terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas di pulau ini.

Pulau ini juga pernah meraih penghargaan sebagai New Seven Wonders Of Nature yang merupakan penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia. Di pulau ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti Trekking dan Snorkling. Ditempat ini juga kamu dapat bermalam karena tersedianya homestay berbentuk rumah panggung di rumah penjaga pulau ini.

Pulau Raja Ampat

Dengan mengunjungi tempat ini, kalian pasti akan takjub dengan keindahan alam yang disuguhkan ditempat ini. Destinasi wisata ini terletak di di pulau Papua yang memang masih terasa asri dan sejuk karena masih rimbunnya pepohonan yang tumbuh di kawasan ini.

Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri banyak sekali pulau karang dan menjadi salah satu 10 perairan terbaik diseluruh dunia. Untuk itu, bisa dikatakan bahwa tempat ini menjadi surganya para penikmat pemandangan dibawah laut. karena memiliki sekitar 75% spesies laut seluruh dunia. Raja Ampat memiliki 4 pulau utama, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool.

Ditempat ini selain kamu dapat merasakan kesejukan pulau yang masih asri ini, kamu juga bisa melakukan aktivitas norkling dan menjelajahi desa disekitar pulau ini untuk mengenal lebih dekat dengan kebudayaan pulau ini.

Pulau Gili

Pasti kamu tidak asing lagi mendengar tempat ini yang memang menyuguhkan keindahan alam yang bikin kamu susah move on. Yupz. Di pulau Lombok ini terdapat kepulauan yang sangat cantik dan menawan yaitu Pulau Gili. Kepulauan Gili terdiri dari 3 pulau yang menjadi destinasi favorite wisatawan lokal maupun asing, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili air. Dikepulauan ini, kamu dapat menikmati keindahan pasir putih, air laut yang bening, terumbu karang yang masih terjaga dan udara yang menyejukan. Seperti wisata lainnya, tempat ini juga menjadi daya Tarik wisatawan yang senang menjelajahi dunia bawah laut seperti snorkeling. Pulau Gili Trawangan merupakan salah satu diantara 3 pulau yang cukup popular baik dikalangan wisatawan lokal maupun asing karena di pulau ini banyak aktivitas yang dapat kalian lakukan seperti snorkeling, scuba diving, berenang, bersepedah atau sekedar menikmati pemandangan dipinggir pantai.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan : Mengenal Lebih Dekat Dengan Suku Betawi

Ingin liburan sambil mengenal lebih dekat dengan suku Betawi? Itu artinya kalian harus mengunjungi Setu Babakan yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Sebagai pusat perkampungan budaya Betawi, tentunya tujuan dari berdirinya tempat ini adalah untuk menjaga warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi.

Setu babakan merupakan danau buatan dengan area 32 hektar ( 79 akre ) dimana airnya berasal dari sungai Ciliwung yang saat ini digunakan untuk memancing bagi warga sekitarnya. Sebagai kawasan cagar budaya Betawi, tentunya tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi kalian yang ingin mengenal lebih dekat lagi mengenai suku Betawi.

Dengan kawasan ala perdesaan yang lingkungan alam dan budayanya masih terjaga dengan baik, pengunjung tempat ini akan disuguhkan dengan panorama pepohonan rindang yang akan menambah suasana sejuk dan tenang. Selain itu, kalian juga dapat disuguhkan dengan berbagai fasillitas menarik lainnya. Ingin tahu wisata apa saja yang dapat kalian temukan di Setu Babakan? Yuk simak uraiannya.

Wisata Air

  • Piknik

Seperti yang kalian ketahui bahwa di Setu Babakan ini terdapat danau buatan yang cukup luas. Selain menikmati pemandangan danau yang menyejukan dan teduh, kalian bersama dengan keluarga dapat piknik menyenangkan tanpa harus repot – repot membawa tikar karena akan ada meja dan kursi yang berjejer tepat disamping danau.

  • Wahana Air

Bagi kalian yang ingi mengeliingi sebagian wilayah setu, kamu bisa menyewa bebek – bebekan dengan kapasitas maksimal dinaiki oleh 2 orang saja. Dan bagi kalian ang ingin seru – seruan bareng keluarga, kalian dapat menaiki perahu naga yang berkapasitas maksimal 20 orang.

Kamu tidak perlu takut untuk menaiki wahana ini karena setiap individu akan dipinjamkan pelampung sehingga kalian tidak perlu hawatir. Di wahana perahu naga ini ada seorang pemandu kok yang akan menjadi instruktur dalam mendayung perahu tradisional ini.

  • Pemancingan

Bagi kalian yang ingin bersantai sambil memancing, kalian bisa loh melakukannya di tempat ini. Para pengunjung dapat memancing secara gratis ataupun berbayar. Yang pastinya memiliki lokasi yang berbeda.

Wisata Kesenian Budaya Betawi

Selain wahana liburan, kamu dapat mengeksplore ragam budaya dan adat istiadat suku Betawi di tempat ini loh. Di pusat pelestarian budaya, kamu dapat melihat pengembangan budaya khas Betawi seperti berbagai rumah adat, museum purbakala, gedung teater hingga gedung yang bergaya masa kini yang kental dengan adat Betawi.

Kalian juga dapat mempelajari dan menyaksikan berbagai atraksi pentas seni tari, seni musik, pancak silat dan bahkan kalian dapat mempelajari cara pembuatan kuliner khas Betawi loh. Pagelaran seni ini terbuka gratis bagi pengunjung yang ingin menyaksikannnya.

Wisata Kuliner Betawi

Usai menikmati berbagai wisata air dan wisata kebudayaan Betawi ditempat ini, saatnya memanjakan lidah kalian dengan kuliner khas Betawi yang menggugah selera. Kalian dapat menjumpai berbagai makanan khas Betawi yang berat ataupun yang ringan secara lengkap.

Bagaimana, kalian tertarik untuk mengunjunginya? Tidak ada salahnya kalian mengunjungi tempat ini bersama teman ataupun bersama keluarga untuk memberikan edukasi mengenai salah satu kebudayaan Indonesia, yaitu Betawi.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Jl. M Kahfi II kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan.

  • HTM : Gratis
  • Wahana Mulai Rp. 10.000
  • Parkir Motor Rp. 2000
  • Parkir Mobil Rp. 5000

4 Rekomendasi Wisata Alam di Kawasan Batu Malang

Jika di kota bandung ada lembang, maka di kota Malang ada Batu yang merupakan kawasan asri dan sejuk di kota Malang ini. Selain warga Indonesia, banyak para turis yang ikut berdatangan ke tempat ini loh untuk merasakan kesejukan alam dengan keindahan pemandangan yang sangat menyegarkan.

Kota yang berada di Jawa Timur ini memang menyuguhkan berbagai pemandangan khas alam yang belum terkontaminasi oleh banyaknya bangunan – banguanan tinggi seperti kota – kota lainnya. Di kota ini, kamu dapat bersantai serta merilekskan fikiran. Bagi kalian yang pernah berkunjung ke kota ini, pasti kalian dapat merasakan kesejukan kota ini, terlebih jika di pagi hari. Pastinya kamu memerlukan pakaian hangat bukan.

Bagi kalian yang berniat untuk liburan atau mengunjungi kota ini, yuk simak 4 rekomendasi wisata alam di Batu Malang yang bisa bikin kamu susah move on !!

Caban Talun

Melihat aliran air terjun yang mengalir indah serta suasana kesejukan dari pepohonan yang rimbun disekitar tempat ini merupakan pemandangan yang dapat kamu temukan di tempat ini. Dengan diiringi kicauan burung – burung yang bersiul kesana – kemari menjadikan suasana alam dari tempat ini terasa hingga masuk kedalam hati. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 75 meter diatas ketinggian 950 mdpl memang sangat mempesona para pengunjung tempat ini.

Tidak hanya pemandangan air terjun saja yang dapat kamu rasakan ditempat ini karena tidak jauh dari air terjun terdapat kebun bunga yang bisa jadi spot foto yang menarik. Dikeliling dengan bunga yang tumbuh disetiap jalan yang kita lalui merupakan pemandangan yang sangat indah bukan.

Paralayang

Berada di puncak gunung, pastinya dengan mengunjungi tempat ini kamu akan disajikan dengan view pemandangan kota Batu yang amat sangat indah. Layaknya suasana pegunungan, tempat ini sangat menenangkan dan menyejukan. Ditempat ini juga kamu dapat merasakan terbang bersama burung di udara dengan ketinggian 1.326 mdpl menggunakan parasut.

Mau mencoba wahana yang ada di tempat ini? Kamu gak usah khawatir kok karena ada instruktur yang siap nemenin kamu terbang bebas di udara. Bagi kalian yang ingin melihat suasana malam kota batu dari ketinggian, kamu dapat kok menginap ditempat ini karena disini tersedia penginapan yang cukup unik dan nyaman untuk kalian bermalam.

Coban rais

Ingin berfoto di berbagai spot yang mendebarkan? Nah, tempat ini pasti sangat cocok untuk kalian kunjungi. Selain menyajikan keindahan pemandangan alam, kamu juga bisa berfoto di ketinggian. Seperti The Lodge Maribaya di Lembang, tempat ini menyediakan spot foto unik mulai dari bersepedah diatas ketinggian, bermain ayunan di ketinggian dan masih banyak lagi spot foto yang bisa bikin jantungmu dagdigdug.

Taman Langit

Serasa berada di taman yang terletak diatas langit. Pasti kata itu yang terucap jika kalian pernah mengunjungi tempat ini. Seperti namanya, tempat ini memang berada di ketinggian. Akan tetapi untuk menuju tempat ini tidak terlalu sulit karena untuk dapat menuju tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan. Tetapi kamu harus pastikan yah guys bahwa kendaraanmu memiliki kondisi prima mengingat medan jalan yang dilalui berupa tanjakan dan turunan.

Ditempat ini, selain pemandangan alam yang menawan  terdapat berbagai spot foto keren dan dapat membuat kamu serasa sedang berwisata ke negri dongeng.

Taman Impian Jaya Ancol : 6 Destinasi Wisata Terpopuler di Ancol, Jakarta

Siapa yang tidak tahu mengenai tempat ini? Sebagai warga DKI Jakarta, pastinya kamu pernah dong mengunjungi tempat ini. Taman Impian Jaya Ancol merupakan objek wisata di Jakarta Utara yang cukup popular ditelinga masyarakat Indonesia. Jika kamu tinggal diluar kota Jakarta dan berkesempatan untuk berkunjung ke kota metropolitan ini, kamu wajib loh menambahkan tempat ini kedalam wishlistmu untuk kamu kunjungi.

Untuk memasuki area ini, kamu akan dikenakan biaya masuk dan kamu bisa menikmati nuansa pantai dan taman tanpa harus membayarnya lagi seperti wahana – wahana lainnya yang ada ditempat ini. Destinasi wisata apa saja sih yang menarik ditempat ini? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Pantai dan Taman

Liburan di pantai merupakan pilihan terbaik bagi kalian yang ingin merasakan kesejukan dan keindahan alam. Di Ancol, terdapat lima nama pantai yaitu pantai Festival, pantai Indah, pantai Elok, pantai Ria dan Carnival Beach Club.

Disini juga terdapat area Beach Park di pantai lagon bagi kalian yang suka dengan wahana air seperti Banana Boat, Donut Boat, Kayak, Swan Pedal Boat, dan permainan Aqua Fun dengan biaya penyewaan yang cukup terjangkau. Tidak jauh dari pantai, ada taman yang asri dan asyik untuk piknik dengan keluarga.

Dunia Fantasi ( Dufan )

Ingin bermain dengan wahana yang nyaman sampai dengan yang menguji adernalin, kamu dapat temukan disini. Bisa dibilang tempat ini sebagai surganya permainan karena terdapat beragam wahana yang bisa kalian nikmati.

Atlantis water Adventure

Jika kalian ingin mengisi waktu liburan kalian dengan renang, kalian bisa coba nih untuk megunjungi tempat ini. Disini, kamu juga bisa loh rasakan gelombang ombak ketika berenang dikolam arus. Selain itu, terdapat pula seluncur air yang sangat tinggi yang memacu adernalin jika kamu memiliki keberanian yang ekstra.

Sea World

Sea world merupakan underwater aquarium pertama dan satu – satunya di Indonesia dengan area seluas 2 Ha. Bayangkan jika ketika kamu sedang berjalan dikelilingi oleh berbagai hewan air yang lalu lalang. Pastinya sangat mengasyikan bukan, terlebih lagi jika kamu mengajak sang buah hati. Pastinya wahana ini bisa mengedukasi anak untuk mengenal dan mencintai hewan – hewan laut.

Ocean Dream Samudra ( Samudra )

Terletak bersebelahan dengan Sea World, tempat ini menjadi sangat menyenangkan buat kalian yang menyukai atraksi – atraksi spektakuler. Samudra merupakan edutainment theme park bernuansa konservasi alam yang dapat memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk dapat mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa.

Ditempat ini, kamu akan disajikan dengan atraksi hewan – hewan yang sudah terlatih. Selain itu, ada juga atraksi mendebarkan seperti pentas scorpion pirates water stunman. Usai menyaksikan pertunjukan tersebut, lepaskan lelahmu di area 4 dimensi. Rasakan getaran dengan tampilan nyatanya.

Fauna Land

Wahana satu ini lumayan cukup mendebarkan dan sangat mengedukasi. Pasalnya ditempat ini terdapat 3 singa putih berukuran dewasa yang dapat kamu lihat secara dekat dan hanya dibatasi dengan kaca berdiameter tebal. Bagi pecinta satwa burung kakaktua dan bahkan burung – burung langka, kamu dapat melihatnya bahkan kamu dapat berinteraksi langsung loh.

Bukan hanya itu, kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan – hewan lainnya seperti kambing, keledai, kuda poni, kelinci, dan kura – kura. Kamu juga dapat temukan hewan – hewan lainnya ditempat ini. Mengingat tempat ini masih baru, fasilitasnyapun terbatas dan jumlah hewan diarea ini tidak terlalu banyak.

Daftar Wisata Alam Pegunungan Yang Ada di Kawasan Bogor Jawa Barat

Puncak Bogor merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi warga Jakarta apabila sedang berlibur, karena terdapat banyak daftar wisata alam pegunungan yang ada di kawasan Bogor Jawa Barat.

Lokasinya yang tidak begitu jauh dengan Jakarta, membuat daerah Puncak Bogor menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan, jarak tempuh menuju Puncak Bogor dari kawasan Jakarta diperkirakan memerlukan waktu dua hingga dua setengah jam lewat jalur tol.

Suasana malam yang sejuk serta indahnya pepohonan dan pegunungan membuat banyak orang terus berdatangan ke kawasan kota hujan ini, bukan hanya itu saja, banyaknya daftar wisata alam pegunungan yang ada di kawasan Bogor Jawa Barat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Berikut ini adalah beberapa Gunung yang terbuka untuk umum di kawasan Puncak Bogor :

 

Gunung Gede

Banyak yang mengira bahwa Gunung Gede ini juga sama dengan Gunung Pangrango, namun faktanya berbeda, Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut, sedangkan untuk Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut.

Apabila mendaki ke Gunung Gede yang terletak di kawasan Puncak Bogor ini, ada beberapa tempat yang wajib kamu datangi, diantaranya adalah : Curug Cibeureum, Kandang Badak, Telaga Biru, Pos Air Panas,  dan yang paling menawan adalah Surya Kencana, dimana tempat ini menyimpan banyak bunga edelweis yang membentang sejauh 50 hektar.

Perlu di ingat untuk tidak memetik bunga edelweis, karena tanaman ini merupakan tanaman yang dilindungi oleh pemerintah, terlebih lagi jika berkedepatan memetik maka orang tersebut akan di denda sejumlah uang, serta dilaporkan pada pihak berwajib.

 

Gunung Pangrango

Gunung satu ini lebih tinggi 61 meter dari pada Gunung Gede yang memiliki ketinggian 2.958 di atas permukaan laut, Gunung yang berdekatan dengan Gunung Gede ini memiliki beberapa jenis fauna langka yang dilindungi oleh undang-undang, diantaranya adalah : Owa Jawa, Surili, Monyet Ekor Panjang, Kukang, dan yang terakhir adalah Macan Tutul/Macan Kumbang.

Apabila mendaki ke Gunung ini, maka akan nampak beberapa fauna tersebut berkeliaran di sekitar pegunungan, namun kamu tidak perlu takut terhadap macan tutul yang berkeliaran di sekitaran Gunung Pangrango, karena populasi hewan carnivora besar itu tidak banyak, terlebih lagi jalur pendakian sudah di sterilkan dari hewan buas tersebut.

 

Gunung Salak

Gunung Salak adalah Gunung yang terletak di kawasan Bogor dan Sukabumi, Gunung ini memiliki pemandangan yang tidak kalah dari Gunung-Gunung lainnya yang ada di Jawa Barat.

Gunung dengan ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut ini dinamakan dengan Gunung Salak bukan berarti gunung tersebut mirip dengan buah salak, melainkan Gunung tersebut bernamakan salak karena salak diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti perak, maka Gunung Salak memiliki arti sebagai Gunung Perak.

 

Gunung Putri

Bila dibanding dengan tiga Gunung di atas, memang Gunung Putri lah yang memiliki ketinggian paling rendah, ketinggian Gunung Putri hanya 1.587 meter di atas permukaan laut.

Meski ketinggiannya yang tidak terlalu tinggi, Gunung Putri tidak kalah indah dengan Gunung-Gunung lainnya, terbukti dari banyaknya wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk menikmati keindahan alamnya.

 

Puncak Bogor memang banyak memiliki tempat wisata alam yang membuat kita menjadi tidak sabar untuk berkunjung kesana,  jika memiliki kesempatan dan waktu luang, mari luangkan waktu untuk sedikit menikmati keindahan alam yang telah Tuhan ciptakan untuk kita.

Sebagaimana mestinya kita juga sebagai manusia haruslah bijak untuk menjaga dan melestarikan alam yang indah beserta seluruh isinya, karena itu semua adalah titipan yang maha kuasa untuk kita jaga.

Pantai Sawarna, Surga Dunia Yang Jarang Terekspos Dunia Luar

Jarang sekali terdengar di telinga orang tentang pantai sawarna, surga dunia yang jarang terekspos dunia luar, mungkin saja ada seseorang yang bahkan baru tahu pertama kali bahwa ada pantai bernama Sawarna melalui artikel ini.

Pantai Sawarna yang terletak di kecamatan Lebak, Banten memang masih sangat jarang sekali ada orang yang mau mampir kesana karena berbagai alasan.

Meski terlihat sepi dan tidak ramai pengunjung, namun pantai Sawarna ini mampu menawarkan pengalaman berwisata di pantai yang tidak akan pernah terlupakan.

Pantai Sawarna surga dunia yang jarang terekspos ini sebenarnya sudah mulai dikenal publik beberapa tahun silam, namun hingga kini juga masih banyak orang yang belum mengetahui pantai cantik tersebut.

Sebenarnya nama Pantai Sawarna ini juga mewakili dari Sembilan lokasi wisata  yang ada di daerah desa Sawarna, diantaranya adalah :

 

Pantai Karang Taraje

Karang Taraje merupakan salah satu pantai terindah dari kesembilan pantai yang berada di desa Sawarna.

Biasanya wisatawan yang datang ke pantai ini akan berkemah di pinggir pantai sambil mendengarkan deburan ombak yang merdu, Pantai Taraje juga dikenal sebagai tempat yang bagus untuk mengabadikan moment, karena pemandangannya sangat Indah.

Dari sini juga kita bisa melihat sunrise dan sunset dengan sangat jelas ketika sudah waktunya.

 

Pantai Legon Pari

Legon Pari juga merupakan salah satu pantai yang masih terletak di kawasan desa Sawarna, meski jaraknya terbilang lumayan jauh dari tempat penginapan desa Sawarna namun itu semua sepadan dengan pemandangan indah yang akan menyambut kamu disana.

Pantai Legon Pari terkendal dengan kelembutan pasir putihnya, nama pantai Legon Pari sendiri juga diambil karena dahulunya lokasi pantai tersebut terdapat banyak sekali ikan pari, maka pantai itu dinamakan Legon Pari hingga sekarang.

 

Pantai Karang Beureum

Pesona pantai karang beureum ini menawarkan keindahan alam yang tiada taranya, pantai yang berlokasikan disebelah barat pantai Legon Pari ini memiliki ciri khas batu karang yang besar dan terdapat air laut yang mengalirinya.

 

Pantai Tanjung Layar

Pantai yang tidak kalah keren dari pantai pantai sebelumnya adalah pantai Tanjung Layar, nama Tanjung Layar sendiri diambil dari sebuah batu karang raksaksa yang terdapat di pantai itu yang berbentuk seperti layar kapal.

 

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir putih juga merupakan salah satu destinasi wisata yang masih terletak tidak jauh dari Desa Sawarna, seperti namanya tempat wisata ini dihamparkan dengan pasir putih yang membentang luas.

 

Goa Lalay

Tidak hanya pantai, daerah kawasan Desa Sawarna juga memiliki wisata Goa yang biasa disebut dengan nama Goa Lalay, untuk masuk ke goa ini, kamu harus melewati tangga dengan kemiringan yang cukup ekstream, jadi kamu harus ekstra hati-hati.

 

Pantai Goa Langir

Pantai ini cenderung lebih sepi pengunjung karena jaraknya sekitar 2km dari titik keramaian, tempat ini akan sangat cocok sekali untuk kamu yang ingin berwisata dengan tenang.

 

Pantai Karang Bokor

Pantai yang masih berlokasikan di desa Sawarna ini memberikan pemandangan yang sangat unik, dimana terdapat tebing tinggi dan juga jembatan gantung yang biasa digunakan orang-orang untuk berfoto.

 

Pantai Pulo Manuk

Untuk menuju ke pantai ini kita memerlukan waktu 15 hingga 20 menit dari pusat desa Sawarna menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat, konon katanya ada bermacam-macam jenis burung dari berbagai negara yang menempati pantai ini.

 

Akses jalan yang masih sangat buruk serta minimnya penerangan ketika di malam hari membuat daerah wisata ini sulit dikenal banyak orang.

Diharapkan pemerintah bisa membangun tempat wisata ini agar dapat menjadi tempat wisata yang lebih dikenal publik dan mampu mendongkrak perekonomian penduduk lokal.